Tips Memilih UPS Indonesia
Posted on
2013-10-01 09:30:00
Salah satu kemajuan di bidang teknologi adalah dengan hadirnya UPS Indonesiadi tengah kebutuhan masyarakat. UPS (Uninteruptible Power Supply) atau yang secara sederhana bisa disebut sebagai alat yang memiliki fungsi untuk memback-up baterai, adalah sebuah temuan yang sangat penting. Hal ini karena dengan adanya UPS, kemungkinan suatu benda elektronik seperti komputer atau laptop untuk rusak akan diperkecil. Bagaimana bisa? Sebuah contoh kejadian, misalnya anda sedang menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas kantor anda, kemudian tiba-tiba ada pemadaman listrik secara bergilir, maka otomatis komputer anda akan mati dengan cara yang keras. Nah, hal ini bisa memicu kerusakan dalam mesin komputer tersebut jika berlangsung secara terus-menerus. Selain itu, anda tentunya tidak ingin kan kehilangan file-file anda yang belum tersimpan?

Jika anda berminat, anda harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dulu sebelum memutuskan UPS mana yang akan anda beli. Hal ini penting, agar biaya yang anda keluarkan tidak sia-sia. Ada beberapa tips untuk memilih UPS Indonesia yang cocok untuk kebutuhan anda. Pertama, hitunglah berapa daya yang anda butuhkan untuk memback-up barang-barang elektronik anda. Setelah itu, pilihlah jenis UPS yang sesuai dan mampu untuk menopang banyak daya yang anda butuhkan. Kemudian, bandingkan kualitas UPS secara eksternal dan internal seperti mengenai bentuk fisik, garansi, harga, dll. Jika semuanya sudah sempurna menurut anda, baru anda boleh memutuskan untuk membelinya.

Dalam menentukan jenis UPS Indonesia mana yang paling cocok dengan kebutuhan anda, ada beberapa tipe yang harus anda ketahui. Tipe UPS berdasarkan kinerjanya dibedakan menjadi empat, antara lain Standby, Line Interactive, Double Conversion On-Line, serta Delta Conversion On-Line. Masing-masing tipe ini memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda. Tipe Standby adalah tipe UPS dengan ketahanan yang paling sedikit yakni tidak lebih dari 2kVA. Sedangkan tipe Delta Conversion On-Line adalah tipe dengan kapasitas penyimpanan paling tinggi. Satu hal lain yang harus anda pertimbangkan adalah masalah harga. Jika kebutuhan listrik anda tidak lebih dari 2kVA namun anda memutuskan untuk membeli tipe Delta, hal ini akan merugikan anda, karena semakin tinggi kapasitas penyimpanannya, semakin tinggi pula harga UPS tersebut.

Hal lain yang harus anda bandingkan antara UPS Indonesia yang satu dengan UPS lainnya adalah masalah waktu transfer atau switch dari listrik ke UPS. Jika anda tidak ingin pekerjaan anda dalam komputer akan hilang akibat komputer anda restart, maka pilihlah UPS dengan waktu transfer paling pendek. Memilih UPS yang memiliki fitur stabilizer serta anti-petir yang bagus juga penting, agar jika digunakan dalam kondisi hujan lebat dan tegangan listrik tidak stabil, pemakaian komputer anda tetap akan aman.