Beli UPS yang Baik Untuk Proteksi yang Baik
Posted on
2013-08-30 09:45:00

Saat ini, hidup tentu tidak bisa dilepaskan dari peralatan listrik. Mulai dari hal sederhana hingga hal-hal yang sangat penting, anda akan menggunakan listrik. Anda bisa melihat sendiri berapa banyak alat di rumah anda yang menggunakan listrik. Walau mudah untuk digunakan, bukan berarti bahwa peralatan listrik tersebut tidak mudah rusak. Bahkan, lampu ruangan anda saja akan mudah rusak apabila mendapatkan tegangan listrik yang tidak stabil. Lalu, bagaimana dengan komputer? Tentu komputer menjadi piranti yang bisa jadi sangat sensitif terhadap tegangan listrik.

Tegangan yang tidak stabil akan mudah membuat komputer anda rusak dan mati. Berbeda dengan lampu yang tidak memiliki sistem penyimpan data, komputer terdiri dari berbagai komponen yang sangat rumit serta serangkaian penyimpan data yang bisa jadi ikut rusak ketika komputer itu rusak. Masalah anda akan sedikit lebih ringan kalau data yang ada di komputer tersebut berhasil di recovery. Hanya saja, ada keadaan tertentu yang membuat data tersebut tak bisa diselamatkan.

Untuk menangkal hal buruk tersebut, saat ini sudah ada UPS ( Uninterruptible Power Supply). Secara sederhana, fungsi alat ini adalah untuk mengamankan tegangan yang kurang stabil, agar piranti elektronik tidak mudah rusak. Saat ini, sudah ada banyak sekali merk yang beredar. Untuk itu, anda perlu tips beli ups yang sekiranya berguna untuk anda.

  1. Yang pertama, tentu saja anda perlu melihat spesifikasi UPS yang akan anda beli. Dalam hal ini, jangan sekedar tergiur untuk beli ups dengan harga yang murah. Anda harus jeli dalam memilih, agar UPS yang akan anda gunakan pun bisa memberikan hasil yang optimal. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan adalah kekuatan tegangan input. Sederhananya, semakin besar ukuran mAh yang ada, semakin lama pula daya tahan UPS tersebut. Hal ini juga ditentukan oleh berapa banyak sel baterai yang dipakai. Kalau spesifikasi dasar ini tidak terlampir, anda bisa menanyakan pada pihak penjual.

  2. Setelah melihat spesifikasi UPS, anda perlu mengetahui kapasitas perangkat komputer yang akan anda hubungkan pada UPS tersebut. Hal ini penting agar UPS itu benar-benar bisa bekerja secara optimal. Dalam hal ini, usahakan untuk tidak memilih tegangan UPS yang terlalu mepet dengan tegangan yang dipakai oleh perangkat komputer anda. Dalam hal ini, anda bisa melihat spesifikasi tegangan komputer tersebut di bagian power supply. Usahakan agar anda setidaknya bisa mendapatkan UPS yang memiliki daya dua kali lipat dari spesifikasi yng tertera di power supply komputer anda. Pemilihan kapasitas yang besar juga sekaligus menjadi persiapan seandainya anda ingin mengganti hardware atau pheriperal komputer anda sehingga menambah kapasitas komputer tersebut.

  3. Selain itu, ketika anda ingin beli ups yang anda inginkan, jangan lupa untuk memilih UPS yang memiliki garansi yang panjang serta after sales yang cukup bagus.