Memilih Distributor UPS Secara Cermat demi Komputer Anda
Posted on
2013-08-09 09:45:00

Perangkat komputer merupakan suatu perangkat yang rumit. Ketika anda mencoba membukanya, anda akan menemui ratusan bahkan mungkin juga ribuan komponen yang terpasang secara tepat. Kadang, terasa aneh juga apabila memikirkan bahwa susunan komponen itu akhirnya bisa membentuk komputer yang bisa menampilkan visual yang sangat menarik serta fungsi-fungsi lain yang sangat bisa diandalkan. Bila anda melihat lebih jeli lagi dan menggunakan sedikit sentuhan imajinasi anda, di situ anda akan melihat seperti suatu komplek perumahan dengan berbagai bentuk rumah dan bangunan dengan tata kota yang sangat rapi. Dan agak jauh dari dari konstruksi perumahan itu, ada suatu kotak bernama power supply yang bisa diibaratkan sebagai PLN di dunia nyata.

Bisa dibayangkan betapa krusial peran PLN bernama power supply tersebut. Sebagai sumber energi, power supply akan membagikan listrik ke setiap komponen itu secara baik dan merata. Hanya saja, ada kondisi ketika energi yang dibagikan itu tidak stabil. Bisa anda bayangkan apa yang akan terjadi apabila energi itu tidak stabil. Tentu saja, masing-masing komponen itu juga akan mendapatkan energi yang tidak stabil. Kalau saja hanya terjadi pemadaman sementara, itu tak akan jadi masalah. Tapi apabila energi itu menyebabkan pemadaman listrik yang lama dan terus berulang, sudah pasti komponen itu akan rusak. Karena masing-masing bagian komponen itu saling terhubung dengan komponen lain, tentu saja apabila ada kerusakan akan berimbas ke keseluruhan komponen yang membentuk komputer itu.

Menyikapi masalah tersebut, tentu saja tak bisa dibiarkan begitu saja. Anda perlu mengatasi masalah itu langsung dari pangkal permasalahan tersebut. Karena permasalahan yang anda hadapi adalah masalah kelistrikan, tentu saja solusi yang anda butuhkan adalah suatu piranti yang bisa membantu anda untuk menjaga kestabilan pasokan listrik tersebut. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan suatu piranti yang bisa berperan sebagai stabilizer tegangan listrik, agar komputer tersebut tetap mendapatkan pasokan listrik yang stabil. Saat ini, anda bisa saja menggunakan UPS ( Uninterruptible Power Supply) yang bisa anda dapatkan dari distributor ups tertentu. UPS ini akan bekerja lebih dari sekedar stabilizer saja, tapi juga sebagai penyimpan daya listrik, sehingga ketika listrik pada untuk sementara komputer anda akan tetap terselamatkan. Saat ini, ada banyak sekali distributor ups yang bisa menawarkan anda UPS yang bermacam-macam. Tentu saja anda harus jeli dalam memilih distributor tersebut. Dalam hal ini, anda tak bisa menghakimi kualitas hanya dari nama produsen UPS tersebut, karena merk tak selalu menjamin kualitas. Pemilihan distributor ups yang tepat juga kadang perlu diimbangi dengan pertimbangan kekuatan finansial anda, agar jangan sampai anda membeli barang yang justru membebani keuangan anda secara keseluruhan. Satu hal yang pasti, pilihan anda akan menentukan kinerja dan daya tahan komputer anda.